Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SATU TUBUH KRISTUS

Ayat Bacaan:  2 Tawarikh 28 - 30, 1 Korintus 12:12-31

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. (I Korintus 12:12)

Kristus adalah seperti tubuh manusia; tubuh itu satu, tetapi terdiri dari banyak anggota. Semua anggota itu, meskipun banyak, merupakan satu tubuh. (I Korintus 12:12 BIS)

Paulus menggambarkan jemaat seperti tubuh. Suatu gambaran yang pas! Satu tubuh namun banyak anggota. Tiap anggota punya fungsi dan kegiatan berbeda-beda, namun tidak mungkin lepas dan terpisah antara satu dari yang lain. Yang satu memerlukan yang lain. Masing-masing diperlukan oleh yang lain. 

Demikianlah seharusnya realita jemaat sebagai tubuh Kristus. Apa jadinya apabila seluruh anggota tubuh kita adalah mata? Apa jadinya bila semua anggota tubuh kita mogok kerja karena bukan mata? Marilah setiap kita mau belajar menghargai kelebihan dan kekurangan (keunikan) orang lain dalam perspektif kebersamaan tubuh Kristus. 

Itu harus menjadi prinsip kerja sama dalam jemaat, prinsip ibadah, prinsip penggunaan karunia-karunia rohani, prinsip pengembangan jemaat dan pelayanannya.

Renungan: Kita adalah anggota Tubuh Kristus, marilah hendaknya kita saling menghargai kelebihan dan kekurangan orang lain.

Renungan-renungan Firman Tuhan lainnya silahkan klik: Renungan Firman Tuhan

Doa: Allah Bapa yang maha pengasih dan penyayang, Allah Bapa didalam Tuhan kami Yesus Kristus, Kami mengucap syukur buat renungan firman-Mu bagi kami. Mohon kiranya Roh Kudus senantiasa menolong, membimbing dan membantu kami untuk memahami dan mengerti  akan semua firman yang telah Kau sampaikan bagi kami.
Biarlah kami semakin hari semakin diperbaharui dan taat pada perintah-perintah-Mu. Kami mohon kiranya Engkau senantiasa menuntun kami ke jalan yang benar sesuai kehendak-Mu.
Ya Allah Bapa yang maha pengasih dan penyayang, kini kami serahkan langkah hidup kami selanjutnya ke dalam bimbingan dan penyertaan-Mu. Jadilah kehendak-Mu dalam hidup kami, janganlah kehendak kami yang jadi, karena kami tahun dan yakin bahwa kehendak-Mu adalah selalu yang terbaik bagi kami.
Terima kasih ya Allah Bapa didalam Tuhan Yesus Kristus, segala puji syukur, hormat dan kemuliaan hanya bagi kebesaran-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Haleluya. Amin.